Dalam lingkungan serba cepat saat ini, banyak orang yang mengalami stres. Wanita bahkan lebih rentan terhadap alunan kehidupan sehari-hari. Beberapa ibu tunggal yang bekerja dengan waktu penuh dan kemudian pulang ke rumah dan merawat bayi mereka. Apalagi bagi mereka yang selama bekerja selalu di bawah tekanan yang ekstrim.

Banyak wanita pergi ke dokter keluarga mereka yang mengeluh tentang sakit kepala, kurang tidur dan bad mood. Dan akhirnya dokter akan menjelaskan kepada mereka bahwa mereka memiliki masalah stres, dan menyarankan mengambil cuti beberapa hari, kemudian memberikan resep obat kepada mereka.

Sementara obat hanya bekerja dalam jangka pendek, dan tidak mengobati akar permasalahan. Bila Anda berhenti minum obat, stres masih akan hadir.

Jadi apa alternatifnya?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebab stres Anda. Stres dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, berbicara di depan umum dapat menyebabkan beberapa orang menjadi stres, namun untuk beberapa orang hal itu adalah menyenangkan.

Setelah Anda telah menemukan penyebab stres Anda mencoba untuk memikirkan cara-cara untuk mengurangi itu. Berikut adalah beberapa trik dan tips lebih membantu untuk mengelola tingkat stres tanpa menggunakan obat-obatan.

Ambil Nafas
Alasan mengapa stres menyebabkan sakit kepala dalam banyak kasus adalah karena ketika seseorang berada di bawah tekanan signifikan mereka akan cenderung menahan nafas mereka tanpa menyadarinya. Otot-otot Anda kemudian mendapatkan kekurangan oksigen dan akan kram di tempat-tempat seperti leher dan perut yang akhirnya menyebabkan sakit kepala. Jika Anda merasa sakit kepala datang cobalah berhenti dan memeriksa pernapasan Anda. Ambil beberapa menit untuk beristirahat dan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda.

Bicara ke Orang
Kesepian adalah hal yang mengerikan, dan ini dapat menyebabkan stres dengan sendirinya. Cobalah bergabung dengan klub atau sesuatu yang Anda nikmati yang akan menghubungkan Anda ke orang lain. Kadang-kadang hanya berbicara dan bersenang-senang dapat mendatangkan keajaiban untuk masalah stres Anda.

Olahraga teratur
Secara ilmiah telah terbukti bahwa olahraga membantu mengurangi stres. Coba sesekali pergi gym, atau hanya pergi untuk berjalan-jalan setiap malam. Anda akan meningkatkan tingkat energi Anda sehingga lebih mudah untuk mengatasi stres kehidupan sehari-hari.

Mengelola Waktu
Tidak ada yang menyebabkan stres terlambat seperti untuk membuat janji. Hindari stress yang tidak perlu ini dengan merencanakan hari Anda. Memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk semua janji Anda.

Istirahat teratur
Pikiran dan tubuh anda adalah satu. Pastikan bahwa Anda makan makanan bergizi yang tepat, dan tidur nyenyak di malam hari. Menghindari kelebihan gula dan kafein. Sebuah tubuh yang terjaga dengan baik akan lebih mampu mengatasi stres.

Hindari Penggunaan Obat Ilegal
Banyak orang beralih ke alkohol dan obat-obatan untuk meringankan stres mereka. Meskipun kelihatannya bahwa hal-hal ini membantu mengatasi stres Anda tetapi juga benar-benar merugikan Anda. Bukan saja akan merusak tubuh Anda, tetapi itu hanya memperbaiki sementara. Ketika Anda bangun di pagi hari, masalah yang sama akan tetap ada.

Ubah Sekeliling Anda
Pastikan bahwa Anda senyaman mungkin. Jika kursi Anda di tempat kerja menyebabkan punggung Anda sakit, maka rubahlah. Jika tempat tidur Anda menyebabkan sakit punggung dan kurang tidur, maka rubahlah.

Ini hanya beberapa teknik yang akan membantu Anda mengatasi tingkat stres Anda. Cobalah berkonsentrasi pada aspek positif dari kehidupan Anda, dan bukan negatif. Tanpa adanya stress, kehidupan akan membosankan, tapi terlalu banyak juga dapat membunuh Anda.

Comments (0)

Pengikut